Suka atau tidak, dalam melakukan usaha Anda tetap harus menerima kenyataan bahwa negosiasi dalam bisnis adalah hal yang harus Anda hadapi. Hubungan bisnis dan pribadi kebanyakan dibangun atas dasar negosiasi. Bahkan negosiasi yang sukses dapat menentukan apakah usaha Anda akan berhasil atau tidak kedepannya.

Negosiasi adalah proses dimana kedua belah pihak atau lebih dengan kebutuhan dan tujuan mendiskusikan masalah untuk menemukan solusi demi kesejahteraan bersama. Dalam dunia bisnis, kemampuan bernegosiasi adalah hal yang sangat penting dalam kehidupan sehari-hari dan interaksi formal seperti bernegosiasi untuk  penjualan, layanan jasa, dan hal yang menyangkut legal lainnya. Berikut adalah 7 tips agar Anda lebih mahir dalam melakukan negosiasi.

  1. Bangun Pemikiran Bahwa Semua Dapat Dinegosiasi

Hampir semua hal yang ada dalam dunia bisnis dapat di negosiasi. Tantang segalanya dan bersiaplah untuk menyatakan apa yang Anda inginkan dengan tegas namun tidak agresif. Seperti ada pepatah lama “Jika Anda tidak meminta, Anda tidak akan mendapatkan”.

  1. Bersiaplah Nilai yang Lebih Tinggi atau Lebih Rendah Dari Apa Yang Anda Terima

Selalu pastikan tawaran pertama Anda untuk selalu jauh lebih rendah daripada apa yang Anda siap bayar atau selalu lebih tinggi dari nilai yang sudah Anda persiapkan sebelumnya. Dengan begini akan ada ruang untuk bernegosiasi lebih lanjut tanpa merugikan kedua belah pihak.

  1. Mempelajari Sesama Negosiator dan Mendengarkan Dengan Seksama

Semakin Anda memahami lawan negosiasi Anda, semakin besar kemungkinan Anda dapat mengidentifikasi cara-cara Anda dapat meningkatkan posisi Anda. Ajukan banyak pertanyaan kepada mereka dan buatlah catatan yang penting. Tujuan Anda adalah untuk mengetahui kebutuhan dan keinginan mereka. Memaksakan keputusan Anda secara sepihak beresiko batalnya perjanjian atau mendapatkan sesuatu yang tidak sesuai dengan kesepakatan awal.

  1. Jangan Mengaku Sebagai Pengambil Keputusan Tunggal

Apapun situasinya jangan pernah mengaku kalau Anda adalah satu-satunya pengambil keputusan dalam perjanjian. Pengambil keputusan lain, benar atau tidak, akan memudahkan Anda dalam memberikan waktu lebih agar Anda dapat berpikir lebih lama dalam mengambil keputusan.

  1. Lakukan Penelitian Terlebih Dahulu

Anda dapat melakukan penelitian secara luas dan detail sebelum Anda masuk kedalam tahap negosiasi. Penelitian yang baik harus dapat mengidentifikasi range harga dari produk atau jasa yang ingin Anda jual maupun beli.  Selain itu, penelitian yang tepat dapat memungkinkan Anda untuk menemukan produsen alternatif lainnya agar dapat Anda bandingkan.

  1. Jangan Dianggap Personal

Negosiasi adalah salah satu esensi yang paling penting dalam melakukan usaha. Jangan terlalu memasukan kedalam hati ataupun mudah tersinggung. Biarpun pada prosesnya akan terasa sedikit tidak mengenakan, negosiasi yang baik adalah menemukan solusi dimana akan menguntungkan kedua belah pihak.

  1. Selalu Siap Untuk Pergi

Meskipun semua yang dilakukan dalam bernegosiasi bersifat mutual, kadang-kadang kesepakatan yang menguntungkan bagi kedua belah pihak tetap tidak terwujud. Ketika ini terjadi, selalu siap untuk pergi. Negosiasi tanpa rencana yang kontingensi adalah hal yang bodoh dan kemungkinan akan menyebabkan Anda menerima kesepakatan yang akan merugikan pihak Anda.

Negotiation is a give-and-take process, but being in control of the process is the only way to be successful at it” – Celso Cukierkorn

linkedin

Tags: business insight negosiasi negosiasi penjualan negosisasi bisnis public relation tips bernegosiasi tips bisnis tips sukses negosiasi