Fitur Akuntansi dan Point of Sales yang Dibutuhkan UKM

Author by Moka

Sebagai pemilik bisnis, mengapa Anda harus puas dengan software akuntansi yang tidak bekerja sesuai dengan apa yang Anda butuhkan? Kemampuan untuk memperluas dan meningkatkan keuntungan yang dapat Anda raih bergantung pada kemampuan Anda untuk mengatur dan melacak keuntungan Anda. Jika tidak, segala usaha yang Anda lakukan hanyalah sia-sia.

Banyak sistem akuntansi yang beredar di pasaran, sehingga Anda harus cukup pintar dalam memilih sistem mana yang cocok untuk Anda dan yang Anda butuhkan untuk mengembangkan usaha Anda. Kemajuan teknologi saat ini telah memungkinkan Anda yang memiliki Usaha Kecil Menengah untuk memiliki akses dalam menggunakan sistem akuntansi yang tidak kalah bagusnya dengan apa yang digunakan oleh para pemilik usaha besar.

Namun, sebelumnya mari simak terlebih dahulu manfaat akuntansi untuk bisnis Anda, khususnya jika bisnis Anda adalah UKM.

Berikut manfaat akuntansi untuk bisnis Anda:

1. Sebagai Bahan Perencanaan

Pembukuan berfungsi untuk merencanakan keuangan bisnis Anda di masa depan. Apalagi jika bisnis Anda sudah cukup lama dan cukup ternama. Hingga kadang, Anda bisa luput dan bahkan lalai tentang biaya operasional yang Anda gunakan untuk meningkatkan penjualan yang tidak jelas jumlahnya.

Kemampuan pembukuan ini tentu saja krusial untuk kebertahanan bisnis Anda. Sehingga tanpanya, Anda akan kewalahan melacak arus kas yang terjadi.

2. Mempermudah Pinjaman Modal

Sering kali pelaku bisnis yang baru terjun ke dunia entrepreneurship dibuat bingung dengan mendapatkan pinjaman modal. Itulah mengapa catatan pembukuan kecil yang Anda miliki akan membantu Anda dalam mengajukan pinjaman kredit ke bank.

Tidak hanya itu, Anda juga mengajukan salah satu syarat peminjaman kepada bank. Ini membuat Anda tidak perlu repot-repot membuat laporan keuangan ketika hendak ingin melakukan pinjaman kepada bank yang bersangkutan.

3. Mengidentifikasi Kondisi Finansial

Melanjutkan poin sebelumnya, semua usaha yang diawali dengan modal perlu juga mengetahui bagaimana cara membaca situasi dan kondisi keuangan bisnisnya sendiri. Satu dari banyak cara yang dilakukan adalah dengan membuat catatan pembukuan untuk melacak seluruh jenis transasksi yang terjadi pada bisnis yang Anda kelola.

Proses pencatatan dan pembukuan ini mengijinkan Anda dapat mengetahui berapa banyak uang kas, utang, aset, dan piutang yang Anda miliki. Inilah mengapa akuntansi sangat penting bagi usaha Anda.

4. Mempertimbangkan Jumlah Untung dan Rugi

Memiliki catatan yang didasari standar akuntansi, Anda selaku pemilik bisnis tentu bisa lebih mudah mengetahui jumlah keuntungan dan kerugian yang Anda dapatkan sehari-hari. Ini tentu membuat Anda bisa mengidentifikasi jumlah modal yang sudah atau belum terpakai, termasuk jumlah utang dan piutang yang Anda miliki.

Jika semua transaksi tercatat dengan rapi, Anda bisa membaca keuntungan yang bisa Anda dapatkan dalam jangka menengah, seperti sebulan, dua bulan, atau tiga bulan ke depan. Anda bahkan bisa melihat daftar keuntungan yang Anda telah dapatkan dari seluruh catatan yang Anda miliki. Bermanfaat, bukan?

5. Mengambil Keputusan Lebih Cepat dan Lebih Baik

Meskipun bisnis yang Anda jalankan masih cukup kecil, namun dengan Anda memiliki catatan akuntansi maka Anda akan merasakan manfaat akuntansi bagi UKM yang langsung terasa bagi Anda. Salah satunya untuk mengambil satu keputusan dalam bisnis yang sedang Anda jalankan. Sehingga Anda bisa menentukan keputusan yang tepat.

Terlepas dari berada di skala mana bisnis Anda berada sekarang, besar, sedang, atau kecil, dengan catatan akuntansi yang rapi dan terstruktur, Anda akan melihat sendiri manfaat akuntansi bagi UKM yang langsung terasa bagi Anda. Satu dari berbagai manfaatnya adalah Anda bisa membuat keputusan dari analisa bisnis yang lebih menyeluruh, sehingga keputusan yang Anda buat pun tidak sembarangan.



LALU, setelah Anda mengetahui manfaat akuntansi untuk bisnis Anda, timbul pertanyaan tidak kalah penting:

Bagaimana caranya membuat laporan keuangan?

Untuk membuat laporan keuangan, seperti yang sudah diuraikan di awal paragraf, Anda harus mempersiapkan beberapa buku catatan transaksi keuangan, di antaranya:

  1. Buku Kas
  2. Buku Persediaan Barang
  3. Buku Pembelian Barang
  4. Buku Penjualan
  5. Buku Biaya
  6. Buku Piutang
  7. Buku Utang

Siapkan tujuh buku dengan kegunaannya masing-masing untuk mencatat tujuh poin di atas. Karena pada prinsipnya untuk satu transaksi, Anda akan melibatkan minimal dua buku, seperti saat mencatat pengeluaran biaya maka Anda akan mencatat di buku kas dan buku biaya. Begitu juga saat ada transaksi penjualan atau pembelian, Anda akan melibatkan beberapa buku untuk mencatat transaksi tersebut.

Yang harus Anda lakukan pertama kali adalah menghitung jumlah modal dan utang. Ini diperlukan untuk membuat neraca awal. Hitung jumlah modal dan utang secara sederhana seperti contoh berikut ini.

  1. Uang tunai Anda sekarang misalnya Rp6.000.000
  2. Persediaan barang Rp30.000.000
  3. Utang total sejumlah Rp10.000.000
  4. Modal sebesar Rp26.000.000
Aktiva Saldo Pasiva Saldo
Kas 6.000.000 Utang 10.000.000
Persediaan Barang 30.000.000 Modal 26.000.000
Saldo Keseluruhan 36.000.000 Saldo Keseluruhan 36.000.000

Dengan begitu, Anda mengetahui bahwa kondisi neraca awal UKM Anda berada pada titik seimbang di angka Rp36.000.000. Lalu Anda isi atau buat buku kas, buku penjualan, buku biaya, dan lain-lain seperti yang telah disebutkan pada tujuh jenis buku di atas. Untuk menyusun tiap-tiap buku laporan, Anda hanya perlu membuat kerangka atau tabel seperti berikut ini.

Tanggal Keterangan Debit Kredit Saldo
         

Langsung pada contoh kasus, misalnya Anda adalah pemilik UKM “Mitra X” yang berkonsentrasi pada usaha dagang kebutuhan pokok. Pada tanggal 6 Januari 2010, Anda melakukan transaksi penjualan dengan seorang pelanggan bernama Tn. Yth dan Anda berhasil menjual 1 ton beras, 1 ton gula pasir, dan 100 botol kecap dengan harga keseluruhan Rp17.000.000. Satu hari kemudian Anda membayar tagihan telepon dan rekening listrik sebesar Rp450.000. Dengan transaksi tersebut, buku yang akan dipengaruhi, antara lain:

  1. Buku Kas
  2. Buku Penjualan
  3. Buku Persediaan
  4. Buku Biaya

Jika ditulis dalam bentuk laporan, akan tergambar seperti berikut.

Tanggal Keterangan Debit Kredit Saldo
5 Nov 2018 Saldo kas awal 6.000.000   6.000.000
6 Nov 2018 Penjualan tunai 17.000.000 200.000 23.000.000
7 Nov 2018 Bayar telepon   250.000 22.800.000
7 Nov 2018 Bayar listrik     22.550.000

Nah, kurang lebih begitu cara membuat laporan keuangan yang komprehensif.

SEKARANG, mari kita berlanjut ke cara terbaik dalam menentukan sistem apa yang terbaik untuk usaha Anda. Salah satu caranya adalah dengan mengevaluasi seluruh fitur yang diberikan oleh sistem tersebut.

Cara terbaik menentukan sistem terbaik untuk memproses akuntansi.

  1. Tidak Perlu Hitung Manual

Anda tidak perlu susah-susah menghitung keuangan Anda setiap malam ataupun setiap bulan yang hanya akan menambah beban Anda dalam berusaha. Dengan menggunakan sistem akuntansi, semua laporan keuangan Anda dapat Anda lihat dimana saja dan kapan saja. Waktu yang biasa Anda habiskan untuk menghitung biaya operasional, Anda dapat luangkan waktu lebih untuk mengatur strategi dalam mengembangkan usaha Anda.

 

  1. Kemudahan Penggunaan

Memiliki sistem akuntansi yang hanya dapat dimengerti oleh segelintir orang dalam bisnis Anda hanya akan merepotkan diri Anda sendiri. Anda harus dapat memastikan bahwa sistem yang Anda pilih adalah User Friendly dan dapat dipakai bahkan oleh orang yang awam akan akuntansi. Sistem ini juga harus memungkinkan beberapa pengguna dapat mengatur sendiri apa yang mereka butuhkan dalam operasional harian agar masing-masing pegawai dapat menjalankan tugasnya dengan maksimal.

 

  1. Sistem yang selalu dikembangkan

Meskipun Anda memiliki Usaha Kecil Menengah, tujuannya adalah untuk memperluas pandangan Anda dalam mengembangkan usaha Anda. Jangan membeli sistem yang tidak dapat mengikuti perkembangan bisnis Anda hanya karena Anda tergiur dengan harga yang ditawarkan. Berinvestasi untuk sistem akuntansi yang terus dikembangkan akan menghemat uang dan waktu dalam jangka panjang.

 

  1. Dukungan Teknis dan Back-up

Semua barang maupun jasa, pasti ada masa dimana barang tersebut akan rusak ataupun tidak berfungsi dengan baik. Disinilah para pengusaha bisnis membutuhkan bantuan dari penyedia jasa tersebut. Dengan dukungan teknis 24 jam, Anda dapat mendapatkan bisnis Anda kembali dan berjalan dengan lancar.

Sama seperti dukungan teknis, sangat penting bagi sistem akuntansi yang Anda pilih yang menyediakan Backup semua data transaksi Anda. Informasi ekslusif tentang pelanggan Anda, rahasia strategi bisnis, atau informasi penting lainnya dapat hilang hanya dengan 1 kali klik jika Anda tidak mem-backup seluruh sistem Anda secara teratur. Dengan backup otomatis, hal-hal yang tidak terduga seperti putusnya jaringan listrik tidak akan membahayakan bisnis Anda.

 

  1. Penyimpanan Data di Cloud

Sebagai pemilik bisnis dijaman modern seperti sekarang, Anda tidak perlu berada di bisnis Anda setiap jam dan setiap harinya. Dengan sistem akuntansi yang dapat beroperasi berbasis Cloud, Anda dapat memantau bisnis yang sedang berjalan terlepas dari mana Anda berada asalkan adanya koneksi internet. Seperti yang ditawarkan oleh Jurnal sebagai sistem akuntansi yang memudahkan Anda dalam mengatur laporan keuangan Anda serta menyimpan semua data Anda di Cloud sehingga meminimalisir kehilangan dan kecurangan data perusahaan Anda.

 

  1. Point of Sale

Memilih Sistem kasir yang sudah built-in dengan sistem akuntansi akan mempermudah dan meringankan beban kerja Anda. Carilah sebuah sistem Point of Sale yang menangani transaksi pelanggan, sekaligus mengerjakan masalah laporan keuangan Anda. MOKA bisa menjadi solusi yang mudah dalam menjalankan usaha Anda.Sistem POS yang berbasis di iPad akan memudahkan Anda dengan data penyimpanan di Cloud yang otomatis menyimpan semua data Anda sehingga jauh lebih aman dibandingkan dengan cara tradisional.


KESIMPULANNYA, Sistem akuntansi yang Anda pilih untuk bisnis Anda sangatlah penting dalam menentukan kesuksesan usaha yang Anda jalani. Sistem akuntansi yang tepat dapat membantu Anda mendapatkan keuntungan dari para kompetitor Anda lainnya. Ada fitur lain yang ingin Anda tambahkan dalam memilih sistem akuntansi yang berguna untuk bisnis UKM? Silahkan tinggalkan komentar Anda dibawah ini  :-)

 

linkedin

Tags: aplikasi kasir MokaPOS