Usaha Kecil Menengah merupakan salah satu komoditi terbesar dalam kemajuan ekonomi di Indonesia. Bahkan di kebanyakan negara maju, UKM menjadi ‘tulang punggung’ yang memberikan penghasilan terbesar dibandingkan dengan usaha menengah keatas. Usaha kecil menengah yang ada di Indonesia menyumbang sekitar 60% dari Product Domestic Bruto (PDB) yaitu nilai keseluruhan semua barang dan jasa yang diproduksi di dalam wilayah tersebut dalam jangka waktu tertentu. Selain menambah PDB, UKM juga membuka banyak lowongan kerja bagi masyarakat kita. Jadi, bisnis UKM di Indonesia harus tetap terus berkembang dan memberikan peluang usaha bagi Anda yang menyukai dunia kewirausahawan.

Meskipun dalam dunia wirausaha di Indonesia mengalami perkembangan yang cukup pesat, tidak sedikit dari para pemula u-saha kesusahan dalam memilih jenis usaha yang akan mereka jalani. Alasannya amat bervariasi mulai dari sulit memulai usaha karena kurangnya modal, kurang pengalaman dibidang tertentu, tidak mempunyai pengetahuan bisnis, tidak mengerti mengenai teknik pemasaran, dan banyak kendala lainnya. Tentu saja semua tantangan ini tidak membuat para pemula bisnis ini berhenti dalam membangun usaha mereka sendiri, karena setiap hal yang dilalui merupakan suatu pembelajaran dan pengalaman tersendiri yang amat berharga untuk kelangsungan usaha kedepannya.

Bagi Anda sekalian yang ingin memulai bisnis Anda sendiri, berikut kami rangkum beberapa jenis usaha UKM yang cukup menjanjikan untuk dijalani, bahkan diantaranya dapat dimulai dengan modal yang terbilang tidak besar.

1. Fashion

Fashion-And-Modern-Youth

Source : p2pesolutions.com

Biarpun termasuk sebagai kebutuhan sekunder untuk manusia, pada nyatanya busana atau fashion dapat dikategorikan sebagai kebutuhan primer dimasa  modern seperti sekarang. Karena itu dapat dilihat banyak sekali para pemula usaha yang memilih untuk berusaha dibidang fashion.

Bisnis fashion memiliki banyak sekali kategori yang bisa dikembangkan menjadi usaha. Kategori dapat dibagi menjadi 3 bagian yaitu Busana Pria, Busana Wanita dan Busana anak-anak. Belum lagi bisa juga dipecah menurut model yang dijual. Busana Muslim, pakaian impor, pakaian tidur dan banyak macam lainnya.

Dalam masalah modal, berbisnis dibidang fashion bisa dibilang membutuhkan modal yang minim. Dengan adanya sistem dropship yang diadakan oleh para pemain besar di bidang Fashion, memudahkan bagi para pemula bisnis untuk memasarkan barang tanpa harus mengeluarkan uang lebih untuk menyimpan stok barang.

Baca Juga: 7 Tips Modern Meningkatkan Jumlah Pengunjung Retail Shop Anda

2. Kuliner

culinary

Source : www.nait.ca

Bisnis Kuliner merupakan jenis usaha yang selalu laris manis dalam keadaan apapun, alasannya karena makanan merupakan kebutuhan pokok manusia yang tidak dapat lepas dari kehidupan semua makhluk hidup. Usaha kuliner ini pun mempunyai berbagai kategori seperti makanan ringan, minuman, hingga makanan pokok. Semua kategori dalam usaha kuliner mempunyai potensi yang sangat tinggi untuk meraup keuntungan, tergantung dari cara apa yang digunakan untuk memasarkannya.

Salah satu contoh bisnis kuliner yang meraup keuntungan cukup banyak dalam beberapa tahun kebelakang ini adalah Keripik Maicih. Bermula dari seorang pemuda bernama Dimas Ginanjar Merdeka yang memulai bisnis keripik pedas hingga mendapatkan penghargaan sebagai “The Hot Snack” pada tahun 2011 Pada awalnya pemasaran Keripik Maicih hanya melalui sosial media dan hingga sekarang, Keripik Maicih bisa didapatkan di berbagai tempat di seluruh Indonesia.

Baca Juga: Cara Membangun Usaha Cafe dengan Modal Minim

2. Otomotif

Source : www.gilamotor.com

Transportasi pribadi sudah menjadi suatu kebutuhan bagi para penghuni di ibukota seperti Jakarta. Bisa dilihat dari banyaknya sepeda  motor dan mobil yang berlalu lalang setiap hari di jalanan hingga kadang menimbulkan kemacetan lalu lintas. Karena itu, sebagai orang yang cermat, bidang otomotif juga merupakan peluang usaha yang akan terus berkembang.

Contoh ringkas adalah dengan bengkel untuk kalangan yang menggemari sepeda motor Vespa. Biarpun motor antik, penggemar Vespa tidak sedikit di Indonesia. Karena itu, Anda bisa membuka jasa untuk mengganti sparepart dan juga jasa memodifikasi Vespa agar terlihat lebih bagus. Sebagai sampingannya, Anda juga dapat menjual aksesoris motor seperti lampu, jok, dan juga helm sebagai penambah pemasukan dari usaha Anda.

4. Pendidikan

education

Source : cdn2.belfasttelegraph.co.uk

Sebagai negara maju, Indonesia harus mempunyai sistem pendidikan yang menunjang demi kemajuan suatu bangsa. Namun pada kenyataannya, belum banyak sarana pendidikan yang dapat dinikmati oleh sebuah kalangan. Contoh nyatanya adalah bagi mereka yang ingin mendalami bahasa asing seperti Bahasa Inggris, biaya yang harus dikeluarkan tidaklah sedikit. Oleh karena itu, bagi kalangan menengah kebawah, masih cukup kesulitan untuk belajar bahasa asing tersebut.

Disinilah para pemula bisnis dapat mengambil peluang untuk mengembangkan usaha dibidang pendidikan, seperti mendirikan lembaga bahasa yang dapat dijangkau oleh semua kalangan atau lembaga kursus untuk mereka yang sedang menjalankan Ujian Nasional. Tentunya tenaga pengajar yang disediakan juga harus memiliki kemampuan dalam bidang ajar mengajar.

5. Internet

moka

Di jaman yang sudah modern seperti sekarang, kehidupan manusia tidak dapat dipisahkan dengan internet yang sudah memudahkan hidup semua kalangan masyarakat. Semua informasi dapat didapatkan dengan mudah didalam dunia Maya.

Sekarang ini di Indonesia sudah banyak yang membangun usaha berbasis internet, seperti MOKA contohnya. MOKA adalah sistem kasir atau POS (Point of Sale) berbasis di iPad dengan menggunakan Cloud-Based yang dirancang khusus agar memudahkan para pengusaha UKM  dalam menjalankan usahanya. Dengan harga yang di bandrol relatif lebih murah dibandingkan dengan para kompetitor lainnya, MOKA juga menyediakan jasa unlimited support secara Gratis tanpa ada biaya tambahan.

Artikel diatas adalah beberapa ide usaha yang dapat Anda jalankan apabila Anda masih kebingungan dalam menentukan bidang mana yang cocok dengan Anda. Apabila ada bidang lain yang belum kami cantumkan dalam artikel ini, Anda bisa menambahkannya dikolom komentar dibawah ini.

 

“You can go to work or you can be the boss” – Marilyn Monroe

linkedin

Tags: bisnis fashion bisnis internet bisnis kuliner bisnis otomotif bisnis pendidikan bisnis restoran bisnis retail bisnis startup bisnis UKM bisnis yang menjanjikan business insight ide bisnis ide bisnis UKM potensi bisnis potensi bisnis UKM