5 Tips Sederhana Sukses Mengelola Bisnis

Author by Moka

Memulai bisnis tidak cukup bermodalkan keberanian ataupun uang dalam jumlah besar. Pengelolaan yang tepat juga menjadi hal yang penting. Pengelolaan inilah yang akan menentukan apakah bisnis anda akan untung atau malah berakhir buntung. Jadi, jangan heran bila para pebisnis kelas kakap rela merogoh kocek mereka untuk menyewa jasa konsultan; demi kelangsungan, keuntungan dan pertumbuhan bisnis mereka. Namun, jika Anda adalah para pemula berbudget tipis, tak usah khawatir! Anda tetap dapat mengelola bisnis dengan tips- tips sederhana berikut ini:

 

1. Get Through Your To Do List

 
 
Source: frecklednest.typepad.com
 

Memang terlihat kecil dan sepele. Tapi, membuat to do list akan mempermudah jalan Anda memperoleh target bisnis Anda. Tentunya jika diiringi dengan kesidiplinan dan komitmen diri yang kuat. Mulailah dengan menuliskan segala hal yang akan Anda kerjakan dalam satu hari, pilih mana yang harus diutamakan dan dikerjakan segera. Rampungkanlah setidaknya 3 hal yang ada dalam daftar sebelum siang, sehingga Anda dapat menikmati makan siang sekaligus menjalin relasi. But don’t be overly strict to your list! Jadwal yang terlalu ketat hanya akan membuat Anda stuck dengan pekerjaan yang sama tanpa melihat peluang usaha lain. Kemudian, jika Anda memiliki beberapa pekerjaan yang mirip, lakukanlah dalam satu waktu. Mengulang pekerjaan yang sama hanya akan membuang waktu Anda. Bekerjalah secara efisien, fleksibel tapi tetap disiplin. Tidak ada kesuksesan tanpa kedisiplinan, disiplinkan diri Anda dan ciptakan sukses Anda sendiri.

 

 2. Investasikan Waktu Anda, Setiap Detiknya Begitu Berharga

pic2^source^www.brit_.co_

Source: brit.co

Ketika Anda menjalankan suatu bisnis atau perusahaan, manajemen waktu dapat menjadi tantangan terbesar Anda. Sekalipun Anda memiliki kemampuan berbisnis ataupun tim yang handal, pemanfaatan waktu yang tepat dan cermat harus dilakukan agar tidak berakhir sia sia. Mulailah dari hal hal kecil tetapi berdampak panjang. Misalnya, bangun pagi. Jika Anda melakukannya setiap hari, maka Anda dapat menghemat waktu produktif sebanyak 460 menit setiap minggunya.

Kemudian berhentilah melakukan hal hal yang sia sia. Tanyakan pada diri Anda apakah memang yang Anda lakukan berguna bagi kelanjutan bisnis Anda? Jika tidak, tinggalkan! Ingatlah bahwa setiap detik dalam hidup Anda berharga!

 

3.Tetapkan Kemanakah Dana Anda Akan Berlabuhpic3^source^www.coriolis.co_.uk_

Source: coriolis.co.uk

 

 Memiliki modal besar tidak berarti Anda dapat gegabah menggunakannya. Alih alih untung, kesalahan penggunaan dana malah bisa membuat Anda terbelit hutang. Maka, rencanakan dengan baik keuangan bisnis Anda. Utamakan pada bagian penting. Cermati bagian mana yang bakal mengahabiskan dana paling banyak, bagian mana yang mampu ditekan biayanya, dan sisi mana yang akan menyumbang omset besar bagi Anda. Buatlah ketiga hal tersebut dalam lembar terperinci sehingga ketika Anda menemui kesulitan pengaturan dana, Anda akan memiliki alasan untuk bertahan. Lembaran tersebut adalah rekam jejak yang akan memandu Anda dalam pengambilan langkah selanjutnya.

 

4. Giat Pelajari Pasar

pic4^source^www.patterncurator.org_-1

Source: patterncurator.org 

Apakah Anda suka menghabiskan waktu di depan layar gadget? Suka berjalan jalan? Kegiatan tersebut sebetulnya sangat bisa dimanfaatkan untuk mengelola bisnis Anda. Anda dapat melakukan kegiatan Anda tersebut untuk mencari informasi trend terbaru. Hanya sisihkan waktu 2 jam per hari dan Anda akan menemukan banyak hal hal unik di luar sana yang siapa tahu akan mengilhami. Sebagaimana tongsis yang tidak akan pernah ada jika si pencipta tidak tahu apa itu selfie. Ide cemerlang terkadang muncul dari realitas sekitar.

 

5. Luangkan Waktu dan Nikmatilah Hidup

pic5^2^source^www.bloglovin.com_

Source: bloglovin.com

Selalu ada alasan mengapa para pebisnis sering menghabiskan waktu bermain golf atau hanya sekedar nongkrong santai di kafe bersama kawan. Jangan dikira mereka tidak sibuk, mereka berusaha meluangkan waktu untuk menikmati hidup sembari menjalin relasi. Ya, relasi adalah salah satu hal yang sangat penting dalam dunia bisnis. Jalinan relasi dapat memberikan kepada Anda berbagai macam benefit, semisal: tawaran kerjasama, asupan dana segar, pembelajaran atau bahkan bantuan cuma- cuma. Bagi Anda, para pebisnis pemula, jalinlah relasi sebanyak mungkin dan jadikan mereka sebagai penyokong untuk menjajaki dunia bisnis. Intinya, networking ini akan memunculkan peluang-peluang baru yang bahkan seringkali tidak kita sadari.

Ada tips lain yang ingin Anda share? Silahkan tinggalkan tips dan trik Anda dikolom komentar dibawah ini :)

" In Business, I've discovered that my purpose is to do my best to my utmost ability every day. That's my standard." - Donald Trump

linkedin

Tags: business insight