Seribu kata dapat tergantikan oleh satu gambar merupakan ungkapan yang tepat bagi para pengguna Instagram. Dengan mengunggah gambar yang menarik dan tepat, Anda dapat memaksimalkan Instagram sebagai sarana promosi dan jualan anda, berikut beberapa tips yang dapat Anda ikuti:

Unggah foto yang menarik tentang produk atau jasa yang Anda sediakan

 

Screenshot_2015-04-20-13-02-22_1Screenshot_2015-04-20-13-05-24_1

 

Bandingkan kedua foto diatas, foto yang buram, gelap, dan tidak menarik hanya akan membuat para followers Anda jengah untuk melihatnya. Unggah lah foto dengan resolusi yang tinggi agar gambar dapat dengan jelas dilihat oleh para followers Anda.

Selain foto yang menarik, jangan lupa untuk melampirkan kontak yang dapat dengan mudah dihubungi serta berikan penjelasan mengenai spesifikasi dari produk dan jasa yang Anda tawarkan agar pelanggan tidak perlu bertanya-tanya tentang detail produk Anda.

 

Gunakan hashtag/tagar yang tepat dan umum digunakan orang banyak, agar barang yang dimaksud mudah dicari

 

foto-hashtags
 
Source : www.misapisportuscookies.com
 
 

 

Dengan menggunakan tagar pada Instagram, Anda melakukan promosi dengan merek Anda sendiri seperti pada contoh gambar diatas. Selain itu, Anda juga bisa menambah jumlah followers yang merupakan aset berharga pada media Instagram. Penggunaan tagar juga memudahkan para calon pelanggan baru untuk mencari produk/jasa yang Anda sediakan. Contohnya apabila Anda menjual baju wanita dan berdomisili di Jakarta, Anda bisa menggunakan tagar seperti : #jualbaju #jualbajujakarta #onlineshop #jualbajucewek.

Anda juga bisa menyertakan tagar dengan nama store Anda agar para pelanggan yang sudah pernah berbelanja ditempat Anda bisa dengan mudah mencari produk yang Anda jual lainnya.

 

Usahakan agar tidak spamming

no-more-spam
 
Source: www.gfi.com
 

 

Dengan mengunggah gambar secara terus menerus dapat mengganggu bagi para followers Anda. Unggah lah gambar yang dikiranya menarik dengan jeda waktu yang cukup dan juga di jam yang tepat agar semua followers Anda dapat melihat unggahan Anda tersebut. Menurut penelitian, pukul 16.00-18.00 merupakan jam yang tepat untuk mengunggah Instagram Anda karena saat itulah kebanyakan orang meninggalkan pekerjaannya dan meluangkan waktu untuk bersantai.

 

Pergunakan Video sebagai alat komunikasi yang berbeda

https://instagram.com/p/1fmBtMCBQW/
Seperti video diatas yang merupakan kumpulan dari katalog produk yang dijual oleh sebuah lapak penjual casing handphone bisa menjadi media baru dalam memasarkan produk atau jasa yang Anda sediakan. Video yang diunggah dapat berdurasi hingga 15 detik. Gunakanlah fitur ini apabila Anda ingin memberikan sesuatu yang berbeda dan lebih menarik.

 

Adakan permainan atau kuis sederhana

instagram-contests
 
Source: www.blog.localseome.com

 

Kuis atau permainan yang sederhana dapat meningkatkan minat para followers dan juga untuk menarik pelanggan baru. Contohnya bisa dengan melakukan Foto Kontes atau kuis sederhana dengan mekanisme semudah mungkin dengan tujuan meningkatkan followers dan menambah brand exposure untuk Anda. Sediakan hadiah yang dapat menarik minat banyak orang untuk mengikuti kuis tersebut.

 

Selain keuntungan yang Anda dapatkan dalam berpromosi menggunakan media sosial, Anda juga harus pintar-pintar dalam memilih media yang tepat. Tentukan target pasar Anda terlebih dahulu agar tidak ada waktu dan uang yang terbuang untuk menemukan pasar yang tepat.

Bagaimana menurut Anda? Apakah Anda terinspirasi untuk mencoba media sosial dalam menjalankan usaha Anda? Silahkan tinggalkan komentar Anda di bawah ini :)

 

“Everything you post on Social Media impacts your brand. How do you want to be known?” – Lisa Horn

 

 

linkedin

Tags: business insight instagram manfaat media sosial marketing media sosial media sosial sebagai sarana promosi media sosial untuk bisnis penggunaan media sosial strategi bisnis strategi marketing strategi promosi Technology