Melanjuti topik kita sebelumnya mengenai penggunaan Media Sosial sebagai sarana promosi bisnis Anda, media sosial lainnya yang juga terkenal di Indonesia sebagai media micro blogging yaitu Twitter.

Twitter adalah salah satu media sosial yang lebih efektif untuk interaksi B2B dan B2C. Tweet yang singkat, mudah untuk berkomunikasi dengan cepat dan Anda bisa mengetahui kejadian yang sedang berlangsung berkat kecepatan para pengguna Twitter.

Twitter yang berlogo burung pipit berwarna biru muda ini merupakan salah satu media sosial yang sangat digemari oleh masyarakat Indonesia. Selain desain yang simpel, Twitter juga bisa memberikan informasi yang tidak terhingga dan lebih mudah dipahami karena konten yang singkat, padat dan jelas. Beberapa tips yang dapat dipakai dalam berpromosi via Twitter:

Twitter untuk memberikan informasi dan fakta-fakta unik tentang produk ataupun jasa yang Anda sediakan

jne info

 

Sesuai dengan namanya, Twitter hanya bisa menggunakan 140 karakter setiap postingannya. Karena itu, pesan yang ditulis juga harus singkat dan padat serta jelas diterima oleh para pembacanya. Apabila informasi yang anda sediakan cukup panjang, sertakan nomor telp yang dapat menjawab segala pertanyaan mengenai informasi tentang produk atau jasa yang Anda sediakan.

 

 

Adakanlah sesi Tanya jawab bagi pelanggan anda yang ingin mengetahui tentang usaha anda lebih jauh

foodpanda

 

Source : www.twitter.com/foodpanda_id

Selain menghemat waktu dan tenaga, berkomunikasi via Media Sosial juga sangat menarik bagi para followers akun tersebut. Para pelanggan merasa diperhatikan karena mereka bisa berinteraksi langsung dengan pihak dari perusahaan anda tanpa harus susah-susah email, telepon, maupun mengunjungi website Anda. Anda sebagai pemilik perusahaan juga harus bisa menjawab pertanyaan mereka dengan informasi yang benar.

 

Follow pelanggan, vendor dan juga beberapa bloggers yang berpengaruh untuk bisnis yang anda jalankan

care4

Source : www.twitter.com

Dengan Anda mem-follow mereka, akan tercipta suatu hubungan dimana mereka juga merasa bahwa Anda peduli dan lebih personal. Di Twitter, apabila Anda saling follow, Anda bisa bertukar pesan pendek yang disebut dengan Direct Message. Dengan menggunakan Direct Message ini, anda bisa langsung berinteraksi secara privat tanpa bisa dilihat oleh orang lain seperti Tweet.

 

Gunakan jasa promote dari orang-orang yang sekiranya akan memberikan pengaruh untuk meningkatkan penjualan Anda maupun untuk promosi

sinta

 

Source : www.kaskus.co.id

Salah satu cara untuk mempromosikan usaha Anda yaitu dengan menggunakan jasa endorse dari beberapa influencers seperti yang dilakukan Salah satu Online Shop diatas. Ia memberikan beberapa produknya yang berupa Jam dan juga stiker untuk Telepon Genggam agar sang Artis tersebut bisa mempromosikan Online Shop tersebut dengan akun pribadinya. Selain menambah pembeli dan juga followers, tujuan dari endorse ini adalah untuk menambahkan kredibilitas dari Online Shop itu sendiri dengan digunakan oleh Artis ternama Ibu Kota.

 

Video dan gambar mengenai usaha Anda juga merupakan konten yang menarik bagi para pelanggan

jne pick up

Source : www.twitter.com/JNE_ID

Tidak melulu tulisan, Anda juga bisa selingi postingan Anda dengan gambar yang menarik. Selain lebih mudah dipahami, orang jadi lebih tertarik untuk melihat visualisasi dari informasi yang akan Anda sampaikan. Selain gambar, Video juga dapat di unggah ke Twitter dengan maksimum durasi 30 detik seperti yang dilakukan oleh @JNE_ID dalam menjelaskan proses pengambilan paket secara langsung ke customer.

Twitter sendiri mengunggah video mengenai apa saja yang dapat dilakukan para pengusaha dengan menggunakan Twitter sebagai salah satu media yang sangat berguna untuk promosi dan juga meningkatkan penjualan.
https://www.youtube.com/watch?v=BGirUZq1WtQ
Pertumbuhan dalam jumlah Followers dan tingginya tingkat engagement Anda dalam setiap postingan akan terlihat jelas apabila Anda tetap aktif dalam mengurus Media Sosial Anda. Share pengalamanmu menggunakan Twitter dalam mempromosikan bisnis Anda dengan meninggalkan komentar dibawah ini :)

linkedin

Tags: business insight manfaat media sosial marketing media sosial media sosial sebagai sarana promosi media sosial untuk bisnis penggunaan media sosial promosi bisnis strategi bisnis strategi marketing strategi promosi Technology twitter