Bagi banyak orang, memulai bisnis baru bukanlah perkara yang mudah, para pemilik usaha harus jeli dalam melihat peluang dalam setiap kesempatan. Tidak hanya barang yang dapat dijual, jasa juga merupakan salah satu usaha yang sedang berkembang pesat di Indonesia.

Para pemula bisnis mempunyai semangat yang berkobar dan juga ribuan ide “cemerlang” yang dapat mereka lakukan. Namun, jangan sampai salah langkah dalam memulai bisnis baru anda, alih-alih bukannya menghasilkan untung malah bisa jadi buntung.

Source: www.sbwstl.org

Berikut adalah beberapa tips dalam memulai bisnis anda :

  1. Buatlah Rencana Bisnis
2

Source : www.cce.clark.edu

Tanyakanlah pada diri anda sendiri ataupun dengan rekan bisnis anda, Bagaimana bisnis ini akan dijalankan? Produk atau Jasa apakah yang akan di jual? Siapa saja saingan anda dalam bisnis tersebut? Bagaimana dengan pangsa pasar bisnis anda? Cara apa yang akan digunakan untuk memasarkannya? Penting bagi anda untuk menjawab semua pertanyaan tersebut sebelum langsung terjun kedunia bisnis agar anda semakin fokus dalam menjalankan ide anda tersebut.

 

  1. Rencanakan Dari Dua Arah

 

 

Biarpun sangat diperlukan untuk berpikir positif dalam menjalankan usaha, jangan lupakan bahwa tidak semua usaha yang dijalankan akan berakhir dengan untung. Kadang hidup tidak berjalan sesuai dengan harapan dan bisnis anda mungkin diambang kebangkrutan dan juga dirundung kerugian. Selalu rencanakan keuangan anda sehingga apabila bisnis yang anda jalankan tidak berhasil, masih ada sisa cadangan dana untuk bisnis anda selanjutnya.

 

  1. Pakailah Teknologi Terbaru
4

Source : www.mokapos.com 

Mengatur administrasi bagi kebanyakan orang adalah hal yang membingungkan dan menyita banyak waktu. Saat ini banyak teknologi baru yang bisa digunakan untuk membantu menjalankan bisnis anda seperti applikasi POS (Point of Sale) yang telah ada di Android atau iOS. Bagi para pemula bisnis, sebagai contoh anda dapat mengunduh applikasi MOKA yang terdapat di apps store. Dengan fitur real-time yang terdapat di MOKA, anda dapat memantau transaksi yang sedang berlangsung pada bisnis anda. Terlebih lagi, dengan harga yang cenderung  lebih murah dibandingkan dengan perangkat POS (Point of Sale) yang beredar di pasaran lainnya, anda juga dapat menghemat modal awal, waktu dan tenaga.

 

  1. Jalani Sepenuh Hati
5

Source : www.wholeheartedly.net

 

Tidak ada hasil yang sempurna apabila dikerjakan dengan setengah hati, termasuk dengan usaha yang sedang anda jalani. Selalu jalani dengan sepenuh hati dan optimis. Apabila bertemu dengan masalah,pikirkan apa yang sudah anda capai hingga sekarang ini, jangan cepat berkecil hati dan terus maju tanpa gentar.

Semoga tips ini dapat memberikan pencerahan bagi Anda yang ingin memulai usaha sendiri. Selamat berusaha, semoga sukses!

“Be honest with yourself and people, be punctual, never give up, achieve your goal, even when everything goes bad” – Steve Jobs

 

linkedin

Tags: bisnis baju bisnis restoran bisnis UKM buka usaha business insight business plan fitur MokaPOS membuka usaha sendiri planning tips membuka bisnis tips membuka usaha usaha sendiri