Edukasi Produk Management

Pentingkah Modal dalam Mengembangkan Usaha ?

ways_to_fund_your_business-e1413326505321-1

Zaman sekarang ini banyak sekali pengusaha-pengusaha kecil yang timbul dan tenggelam mengikuti arus waktu. Biasanya pengusaha kecil ini putus asa dalam mengembangkannya bahkan dalam menjalankan usahanya saja merasa kesulitan, alasan klasik yang biasanya menjadi alibi utama pengusaha kecil ini adalah kekurangan modal.

Padahal modal belum tentu menjadi faktor yang menentukan usaha tersebut dapat berkembang atau tidak. Kebanyakan pengusaha tidak mau melanjutkan atau mengembangkan usaha karena kekurangan modal. Padahal mengembangkan usaha tidak perlu modal dana yang terlalu besar. Karena selain modal dana, pengusaha ditekankan untuk bermodalkan tenaga, pikiran, dan waktu terhadap usaha yang digeluti, sehingga dapat mengembangkan usaha.

Hal yang Patut Diperhatikan untuk Mengembangkan Usaha

Berkembangnya usaha tidak selalu berkaitan tentang modal yang besar, banyak usaha dengan modal besar namun ujungnya malah jatuh dan bangkrut. Banyak hal yang harus dilakukan untuk usaha yang sedang ingin berkembang, antara lain :

1. Jangan berfokus terlebih dahulu untuk menjadi usaha yang besar, berfokus untuk bisa bertahan terlebih dahulu merupakan hal yang baik. Untuk hal itu, hindarilah untuk fokus terhadap mencari laba, tapi lebih kepada mengenalkan usaha dan produk kepada masyarakat. Sehingga usaha menjadi ramai dengan pelanggan.

Setelah dapat bertahan, berfokuslah untuk selalu meramaikan pelanggan yang membeli produk, dengan agenda pemasaran yang selalu ada. Ingat untuk fokus menambah volume penjualan selalu dibanding dengan memperbesar laba yang didapat.

2. Setelah usaha menjadi terkenal ditandai dengan banyaknya konsumen yang membeli produk yang ada. Langkah selanjutnya yaitu dengan menaikkan harga produk secara bertahap, hal ini bertujuan untuk menaikkan keuntungan yang ada, keuntungan lebih ini bisa menjadi modal dalam mengembangkan usaha yang ada.

Meningkatkan keuntungan untuk modal selanjutnya

Menaikkan keuntungan dapat dilakukan dengan beberapa cara, salah satunya dengan terus meningkatkan volume penjualan disertai dengan peningkatan harga jual yang bertahap.

Tentunya mengembangkan usaha kecil tanpa didukung modal penuh secara perhitungan bisa dilakukan, hal yang harus diperhatikan adalah kerja keras dan sabar dalam menjalankan dan mengembangkan usaha.

Facebooktwittergoogle_plusredditpinterestlinkedinmail

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *