Berita UKM Karyawan Management Seller Insights

Alasan Mengapa Anda membutuhkan POS (Point of Sale) untuk Usaha restoran Anda

standout-at-checkout-7378d7eb971301ae4b6cfc5a31674a8e

Apabila Anda belum mempunyai sebuah sistem kasir atau POS (Point of Sale) untuk usaha restoran Anda, Anda mungkin dapat memikirkan untuk menggunakan POS dalam usaha Anda. Apabila Anda belum memutuskan untuk menggunakan POS, coba pikirkan beberapa hal ini, dalam dunia usaha, sebuah POS bukan hanya sebuah keinginan, tetapi sudah menjadi sebuah kebutuhan. Berikut beberapa alasan mengapa POS menjadi sebuah kebutuhan untuk usaha restoran Anda:

1. Sebuah Sistem POS Membuat Kelancaran Komunikasi Antar Staf Anda

Mengantar pesanan dari pelanggan melalui sistem POS dibandingkan dengan melakukannya secara manual, akan menghemat waktu yang sangat banyak. Semakin cepat order diterima, akan semakin cepat juga makanan atau minuman tersaji kepada pelanggan Anda dengan begitu akan meningkatkan perputaran meja yang dapat diisi oleh lebih banyak pelanggan. Hal ini juga membantu untuk restoran yang menganut sistem “quick-service” seperti coffee shop dimana diharuskan membayar lebih dahulu sebelum menikmati hidangan agar antrian tidak terlalu panjang dan lama. Sebagai tambahan, kesalahan dalam penyiapan hidangan yang dilakukan oleh para staf dapur Anda akan menjadi lebih sedikit apabila menggunakan POS dibandingkan dengan sistem manual. Mungkin tidak akan terasa pada awalnya, tetapi seiring berjalannya waktu, perubahan tersebut akan jauh lebih terasa.

2. Sistem POS Mengurangi Pencurian, Penyusutan, dan Pemborosan

Dengan menggunakan sistem POS, pemilik dan manager operasional restoran tersebut dapat mengetahui inventaris dan juga laporan penjualan dari makanan dan minuman yang di jual. Hal ini akan mengurangi pencurian, penyusutan dan pemborosan dengan mengetahui apabila staff Anda memakan masakan restoran tanpa membayar, mengambil bahan makanan untuk pemakaian pribadi, atau menawarkan diskon khusus untuk keluarga dan teman-teman mereka. Sistem POS dapat diatur agar Anda tidak perlu membeli stok barang berlebihan ataupun kekurangan stok barang.

3. Sistem POS Mempermudah Perihal Tenaga Kerja

Banyak sistem kasir yang memfasilitasi modul tenaga kerja untuk mengetahui kebutuhan dari para pemilik usaha, sebagai contohnya waktu libur dari para staf pekerja. Modul dalam POS ini juga dapat digunakan sebagai waktu absensi dari para staf Anda, dengan begitu Anda dapat lebih mengontrol untuk kedisiplinan para pekerja restoran Anda. POS restoran Anda juga dapat memonitor upah pekerja dan persentase dari komisi bagi yang menggunakan komisi sebagai bonus bagi para pekerjanya. Sistem POS dapat mengetahui apabila pekerja Anda masuk kerja atau tidak. Dengan begitu Anda tidak akan kelebihan membayar pegawai karena hanya akan menjadi mubazir dan juga dapat memastikan bahwa pelanggan Anda mendapatkan pelayanan yang baik dengan pegawai yang cukup tanpa kekurangan. Dengan melihat sejarah penjualan dari laporan, Anda dapat memprediksi waktu mana yang pas untuk menambah atau mengurangi pegawai.

Terlebih lagi, kebanyakan POS system sudah memiliki sistem akunting sendiri sehingga Anda tidak perlu repot-repot untuk menghitung secara manual. Hal ini akan mengurangi kesalahan dalam penghitungan dan juga menghemat waktu Anda.

4. Sistem POS Memberikan Perlindungan Ganda Untuk Keamanan Transaksi Anda

Sistem POS saat ini sudah bekerja sama dengan beberapa bank yang menerima pembayaran menggunakan kartu. Standar yang digunakan untuk melindungi transaksi Anda yang meliputi pembayaran dan pelanggaran data yang menjadi semakin umum. Keamanan yang lebih untuk data disediakan oleh fitur seperti pembaca biometrik, contohnya sidik jari dan perangkat keras yang membaca kartu identifikasi individu para staf Anda. Fitur-fitur ini mengontrol akses ke sistem POS dan, dalam kasus tertentu, dapat melacak siapa yang menggunakannya. Manajer Operasional restoran tersebut bahkan dapat mengatur level yang dapat mengakses sistem tersebut, contohnya manajer dapat mengatur pengembalian uang, sedangkan staf biasa hanya dapat melakukan transaksi.

Tidak dapat dipungkiri bahwa sistem POS merupakan investasi yang besar bagi para pemilik restoran. Tetapi mengingat kemampuan yang sebuah POS sistem dapat dilakukan seperti yang telah dijelaskan diatas, ini merupakan investasi yang sangat baik.

Lebih baik lagi, sekarang Anda tidak perlu berinvestasi secara mahal untuk sebuah sistem POS yang bagus untuk restoran Anda.

MokaPOS merupakan sistem POS yang akan membantu Anda dalam menjalankan usaha Anda secara operasional. MokaPOS juga sudah terintegrasi dengan mPOS yaitu alat yang membantu untuk melakukan pembayaran menggunakan kartu debit dan kredit di seluruh Indonesia. Tahukah Anda dengan menerima pembayaran menggunakan kartu, penjualan di toko Anda dapat naik hingga 30%?

Nah tunggu apalagi? Langsung download MokaPOS di iPad dan Android devices Anda dan mulailah berjualan dengan lebih efektif!

Facebooktwittergoogle_plusredditpinterestlinkedinmail

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *