Berita UKM Edukasi Produk

Mempermudah sistem administratif dalam usaha anda

Jika Anda merasa pekerjaan administratif sangat menyita waktu Anda, mungkin hal tersebut benar adanya. Kabar baiknya adalah Anda tidak perlu merasa seperti itu lagi dikemudian hari. Berikut adalah beberapa hal yang mendominasi waktu kerja Anda. Apabila Anda memberi  solusi bagi semua masalah yang Anda hadapi, Anda dapat memotong waktu yang dipakai untuk pekerjaan administratif Anda hingga setengah dari yang biasa Anda lakukan.

Membuat Perjanjian

Apabila usaha Anda hanya menerima perjanjian melalui telepon, Anda tidak hanya membuat hal tersebut menjadi lebih kacau bagi Anda saja tapi Anda juga dapat kehilangan pelanggan potensial yang sudah meluangkan waktu untuk menghubungi Anda tetapi tidak langsung Anda tanggapi. Jadi apabila Anda memiliki usaha yang berbasis jasa, alangkah baiknya Anda memikirkan cara yang lebih efektif bagi para pelanggan Anda untuk menghubungi Anda secara efisien. Sekarang sudah banyak metode yang digunakan mulai menggunakan on-site web communication app seperti Zopim, atau pun juga menggunakan applikasi komunikasi seperti Line atau Watsapp yang terkesan jauh lebih personal dibandingkan dengan telepon.

Daftar Gaji

Bagaimana para karyawan Anda menghitung waktu bekerja? Apakah menggunakan sistem manual yang mencatat masuk dan keluar waktu kerja karyawan? Ketika semua orang menggunakan sistem automatis, maka dengan begitu pekerjaan Anda juga akan jauh lebih berkurang. Anda tidak perlu repot menyocokan semua data dengan sistem manual yang susah, atau kertas yang berantakan.

Inventaris dan Perencanaan

Ketika tiba saatnya bagi Anda untuk memesan kembali barang yang ingin Anda jual atau merencanakan penjualan Anda di musim mendatang, Anda membutuhkan angka yang pasti sesuai dengan kenyataan pada lapangan untuk mengetahui anggaran Anda. Apabila Anda memiliki restoran atau toko baju, Anda dapat melihat laporan penjualan pada musim lalu atau bahkan minggu lalu untuk menentukan barang apa yang paling laku, dan apa yang Anda perlu stok sebagai persediaan. Moka, menawarkan fitur inventory dimana Anda dapat langsung secara otomatis terhubung dengan supplier Anda apabila barang persediaan Anda sudah habis ataupun hampir habis. Sistem ini sangat membantu bagi usaha yang berpindah-pindah seperti booth di bazaar. Pelanggan dapat menerima receipt melalui email sehingga Anda tidak perlu repot membawa ataupun membeli printer. Semua sudah tersusun rapi secara automatis di akun Moka Anda.

Perbedaan Sistem

Sebagai aturan umum, automatisasi menghemat waktu, tapi tidak dengan beberapa sistem yang sama sekali tidak dapat di integrasi. Dibandingkan Anda membuang waktu dan uang dalam program yang hanya berguna bagi 1 aspek dalam usaha Anda, alangkah baiknya Anda berinvestasi dalam 1 sistem yang dapat mengerjakan sebagian besar pekerjaan administratif Anda. Moka merupakan solusi alternatif bagi Anda dengan fitur-fitur yang dapat digunakan dimana saja. Anda dapat duduk diruang tamu dan menarik semua data untuk laporan, mengubah harga barang, dan dapat melihat apa yang laku dan apa yang tidak.

Memang tidak mungkin untuk menghilangkan waktu untuk urusan administratif Anda, tapi setidaknya dengan sistem seperti ini, akan sangat memudahkan Anda dan juga membantu untuk meningkatkan waktu untuk memikirkan bagaimana meningkatkan penjualan dan tidak hanya terkungkung dengan urusan administratif saja.

 

facebooktwittergoogle_plusredditpinterestlinkedinmail

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *