Edukasi Produk Management Seller Insights

Tips Mudah Menjalankan Usaha Waralaba

Source: sakurashabu-shabu.com

Sebuah waralaba adalah jenis bisnis yang dimiliki dan dioperasikan oleh individu (franchisee) tapi dioperasikan oleh suatu merek dagang tertentu yang dapat Anda lihat secara nasional ataupun internasional. Banyak toko-toko dan restoran yang Anda lihat setiap hari adalah waralaba : Indomaret, Alfamart, Pizza Hut, Ace Hardware, dan ribuan lainnya.

Ketika Anda membeli hak untuk membuka waralaba, Anda membeli hak untuk menggunakan sistem bisnis yang sudah terbukti, dengan harga, produk, dan teknik pemasaran.  Anda juga membeli hak untuk merek tersebut,  Anda mendapatkan akses penuh terhadarap merek dagang perusahaan termasuk logo, slogan, dan signage-apa saja yang harus dilakukan dengan merek tersebut.

Usaha waralaba atau franchise adalah salah satu cara dalam membuka usaha yang dapat dipertimbangkan bagi para pemula bisnis karena Anda tidak perlu repot memikirkan cara membuka usaha, semua sudah dipersiapkan dengan matang oleh pihak yang empunya waralaba, Anda hanya perlu menjalankan usaha tersebut dan meraih keuntungan.

Dengan banyakanya merek dan pilihan yang beredar dipasaran, akan menjadi tantangan tersendiri dalam memilih waralaba yang dapat Anda jalankan. Bagaimana Anda memilih salah satu? Berikut adalah 3 tips dalam memilih waralaba untuk dijalankan sebagai usaha Anda :

  1. Mengeksplorasi Minat Anda

Segala sesuatu yang dilakukan dengan senang hati tanpa ada paksaan atau tuntutan tertentu pasti akan mendatangkan kebahagiaan bagi yang menjalankan. Begitupun dengan menjalankan usaha waralaba. Banyak sekali peluang usaha yang bermodalkan kecil dan mungkin akan membuat Anda tergiur dalam menjalankannya, tetapi balik lagi kepada minat dan keinginan Anda. Contohnya apabila minat Anda pada bidang makanan atau kue maka pilihan yang tepat untuk Anda jalankan yaitu dengan membuka waralaba yang bergerak di bidang kuliner. Jangan membuka suatu usaha dibidang yang tidak Anda minati karena hanya akan membuang waktu dan tenaga serta modal dan Anda akan setengah hati dalam menjalankannya.

  1. Memilih Usaha Waralaba Yang Menguntungkan

Dalam proses ini Anda harus benar-benar teliti dan seksama dalam memilih merek waralaba yang akan Anda jalankan. Apakah sebuah produk waralaba tersebut memiliki jumlah calon pembeli yang banyak? Semakin banyak calon pembeli yang dapat Anda perkirakan, semakin bagus juga merek dagang tersebut untuk Anda jalankan. Jangan asal memilih suatu merek dagang hanya karena Anda tergiur dengan modal yang kecil sedangkan minat pasar tidak besar dengan produk tersebut, hal tersebut dapat membuat usaha Anda berhenti ditengah jalan karena tidak laku dan bisnis pun tidak akan berkembang dengan baik.

  1. Siapkan Modal yang Cukup

Bagi para pemula bisnis, biasanya modal menjadi salah satu kendala utama dalam memulai dan menjalankan usaha. Sampai sekarang, belum ditemukan solusi yang mudah dalam mengatasi masalah ini. Namun, ada banyak sekali peluang usaha modal kecil yang memungkinkan pelaku bisnis sukses walau tidak memiliki modal sama sekali pada awal Anda menjalankan usaha. Caranya adalah dengan meminjam modal dari investor ataupun dari bank. Ketika Anda sudah meminjam uang dengan cara tersebut untuk memulai usaha, Anda harus yakin secara mantap bahwa usaha yang akan Anda jalankan akan meraup keuntungan. Karena apabila tidak yakin bahwa usaha Anda akan berhasil, akibatnya Anda malah akan terlilt hutang dan malah akan merugikan Anda pada masa mendatang.

Tidak ada satupun didunia ini yang dapat dicapai tanpa adanya kerja keras. Hal ini juga berlaku terlebih apabila dalam menjalankan usaha. Jangan pernah iri hati terhadap kesuksesan orang lain tanpa mengetahui bahwa mereka berhasil juga karena hasil dari sebuah kerja keras yang tidak berhenti. Semua orang dapat berhasil dalam menjalankan usaha apabila ditekuni dan dijalankan dengan hati yang sungguh-sungguh.

Ada tips lain dalam menjalankan usaha waralaba? Silahkan tinggalkan komentar Anda dikolom dibawah ini :)

facebooktwittergoogle_plusredditpinterestlinkedinmail

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *