Berita UKM Edukasi Produk

5 Alasan mPOS Wajib Dimiliki Oleh Pemilik Usaha Kecil Menengah

mPOS

 

 

MESIN EDC atau (Electronic data capture) adalah sebuah mesin yang sering kita jumpai dan biasanya tersedia ditempat loket pembayaran atau kasir yang disediakan oleh outlet outlet,supermarket,mall,hotel dan lain sebagainya.

Penggunaannya mesin ini memerlukan sebuah line telepon dan ada juga yang menggunakan kartu/sim card  yang dikeluarkan oleh pihak provider telekomunikasi. Mesin ini biasanya digunakan untuk melakukan suatu transaksi dengan menggunakan kartu debit atau kartu kredit dimana mesin ini di keluarkan oleh pihak bank untuk para merchant yang telah melakukan kerjasama.

Mobile-POS (mPOS) merupakan layanan pembayaran ritel yang terintegrasi melalui jaringan elektronik. mPos dipercaya dapat membuat pembayaran lebih cepat dan aman. Berikut adalah 5 alasan mengapa pemilik usaha kecil menengah dapat meningkatkan penjualan dan menambah loyalitas para pelanggan mereka.

1. Kenaikan dalam Penjualan

Dengan memberikan pelanggan Anda membayar dengan kartu kredit maupun debit, tingkat pembelian mereka menjadi naik dengan drastis setidaknya hingga 20%. Alasannya sangat sederhana yaitu orang lebih mudah untuk mengeluarkan uang yang tidak nyata ataupun virtual. Lebih dari itu, sebagian besar pemilik kartu kredit dapat membayar hingga 50 hari setelah mereka melakukan transaksi. Karena itu, dengan membayar dengan kartu, orang memesan makanan lebih banyak di restoran, membeli baju yang sebenarnya tidak mereka butuhkan, dan mengeluarkan uang lebih banyak dibandingkan budget mereka.

2. Pendekatan Individu

Dengan menghubungkan Smartphone Anda dengan layanan mPOS, Anda dapat mengenal pelanggan Anda lebih dekat. Sistem ini memungkinkan Anda untuk mengingat segala sesuatu seperti pesanan yang paling sering mereka pesan, berapa kali mereka datang ke toko Anda, hingga kontak personal mereka seperti email dan nomor telepon. Anda juga dapat tahu persis berapa banyak uang dan waktu yang pelanggan Anda habiskan di toko Anda. Anda dapat mengirimkan segala sesuatunya melalui email atau SMS ke nomor ponsel mereka. Anda hanya perlu melihat pada database Anda yang sudah disusun rapi oleh sistem yang terintegrasi pada mPOS untuk meningkatkan kualitas layanan Anda yang akan berpengaruh pada kepuasan pelanggan.

3. Memantau Penjualan dan Aktivitas Usaha Anda

Dengan aplikasi mPOS yang tepat, Anda dapat memantau kinerja para orang yang bekerja untuk Anda. Menggunakan mPOS, semua koneksi dari semua pekerja Anda akan terkoneksi satu dengan lainnya. Transaksi yang mereka lakukan juga akan langsung tercatat di laporan penjualan Anda. Dengan begini, Anda dapat mengetahui informasi mengenai penjualan Anda lebih detail sehingga Anda dapat mengambil keputusan untuk usaha Anda lebih baik lagi.

4. Meminimalisir Resiko Pencurian

Satu lagi kepedulian para pemilik usaha yang menugaskan para pekerjanya untuk menawarkan produk ke pelanggannnya adalah kehilangan uang baik karena dicuri ataupun karena kelalaian sang pekerja. Para pemilik usaha yang baru saja menjalankan usaha merasakan adanya rasa tidak tenang ketika menugaskan pekerja yang baru saja join dengan mereka dan membawa produk mereka serta uang tunai dikarenakan belum adanya rasa kepercayaan yang tumbuh. Dengan menggunakan mPOS, hal seperti ini tidak akan terjadi dikarenakan semua aktivitas penjualan yang terjadi akan tercatat secara jelas pada laporan. Serta lebih aman karena tidak membawa uang tunai dalam jumlah banyak yang akan meningkatkan faktor pencurian.

5. Murah dan Cepat

Mayoritas dari para penerbit mesin EDC di Indonesia yang merupakan Bank memerlukan nominal tertentu di tabungan hingga deposito. Dengan menggunakan mPOS, Anda dapat mendapatkannya dengan harga yang relatif murah dan tidak ada biaya sewa tambahan seperti kebanyakan mesin EDC dari bank. Anda tidak perlu membuka rekening baru, mendaftarkan diri Anda sebagai wirausahawan, dan mengumpulkan berkas-berkas hingga menunggu persetujuan dari bank yang memakan waktu lama hanya untuk mengetahui bahwa pengajuan Anda ditolak.

Moka POS sudah terintegrasi dengan mPOS yang dikeluarkan oleh Mandiri dan dapat menerima semua pembayaran via kartu dari semua bank yang memiliki logo Visa atau Mastercard. Untuk MDR (Merchant Discount Rate) yang ditawarkan juga hanya 2.2%* tidak seperti kebanyakan bank yang akan mengenai biaya tambahan hingga 3%. Anda tidak perlu lagi mengajukan aplikasi ke bank, dapatkan mPOS dari Moka POS, lakukan transaksi, dan uang akan ada di akun Anda dalam 3 hari kerja!

 

 

 

facebooktwittergoogle_plusredditpinterestlinkedinmail

3 comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *