Berita UKM Bisnis Customers Data Insights Edukasi Produk Finansial Management Marketing

6 Tips Mudah Dalam Membangun Identitas Usaha Anda

Designing-a-Brand-Identity

Source : www.ollingtondesign.com.au

 

Apa identitas yang tertanam dalam benak para konsumen Anda apabila mendengar atau melihat nama usaha Anda?

Tentu Anda memiliki logo, website, kartu nama, dan papan nama usaha Anda, tetapi merek Anda merupakan hal yang jauh lebih penting dan tidak hanya sekedar penampilannya saja. Sementara semua hal diatas dapat membantu Anda untuk memproyeksikan citra merek Anda kepada konsumen, membangun identitas Anda merupakan hal yang lebih sulit untuk dilakukan.

Sebagai contohnya adalah merek Apple dan Samsung misalnya, dua merek tersebut yang akan muncul dikebanyakan benak para konsumen yang berencana untuk membeli sebuah perangkat elektronik karena merek mereka sudah kuat dipasaran. Para konsumen lebih suka untuk membeli barang mereka dikarenakan adanya rasa keterikatan dengan merek tersebut. Tapi bagaimana hingga Samsung dan Apple bisa mencapai kesuksesan seperti sekarang? Selain produk dan jasa yang inovatif, para konsumen mengetahui apa yang akan mereka dapatkan apabila membeli produk atau jasa tersebut. Dapat dibilang konsumen ikut berinvestasi didalamnya. Untuk hal ini, diperlukan adanya strategi dalam meningkatkan merek usaha Anda.

Jadi bagaimana sebagai pemilik usaha kecil dapat melakukan hal yang dilakukan oleh para pemilik usaha besar? Berikut adalah 6 tips mudah dalam memelihara dan mengembangkan merek usaha Anda.

1. Menggunakan Branding Mudah Dengan Efektif

Seperti yang sudah disebutkan diatas, mempunyai Logo, Website, Penunjuk nama dan lainnya merupakan dasar yang harus dilakukan bagi para pemilik bisnis agar merek nya dapat dikenal oleh khalayak luas. Menerapkan bagaimana warna, font, tulisan dan gambar pada logo Anda juga merupakan salah satu cara agar tidak adanya kebingungan bagi para konsumen Anda. Jangan lupa untuk mendaftarkan logo dan merek dagang Anda agar tidak disalah gunakan oleh pihak yang tidak bertanggung jawab.

2. Menjelaskan Nilai Merek Anda

Dibalik semuanya, pastikan elemen merek Anda mencerminkan nilai dari perusahaan Anda. Gunakan bahasa yang jelas untuk mengkomunikasikan nilai Anda. Jangan menggunakan kata-kata yang dilihat oleh konsumen menjadi hal yang tidak berguna. Kalimat yang sederhana dan tagline yang mudah untuk diingat akan menjadi suatu hal yang akan melekat dibenak para konsumen

3. Perkenalkan Siapa yang Bekerja Dibalik Layar

Seperti hal-nya Anda datang ke sebuah restoran favorit Anda berkali-kali, makanan dan servis yang ditawarkan sangatlah baik, tetapi Anda tidak pernah mengetahui siapa pemiliknya karena tidak adanya interaksi dari pemilik restoran tersebut. Hal ini yang kadang suka terlewatkan bagi para pemilik usaha kecil menengah. Konsumen ingin merasakan bahwa mereka di hargai dan menjalin hubungan lebih lanjut. Hal yang mudah seperti bertanya pada pengunjung yang datang ke restoran tersebut mengenai rasa makanan ataupun servis yang ditawarkan akan menjadi nilai tambah bagi para konsumen  untuk mengunjungi usaha Anda kembali karena merasakan adanya koneksi dengan Anda. Mereka juga bisa langsung berkomunikasi dengan Anda, sedangkan Anda akan mendapatkan tanggapan balik yang sangat berguna bagi usaha Anda dikedepannya.

4. Penggunaan Media Sosial 

Media sosial sudah menjadi salah satu media yang sangat berguna untuk mengembangkan usaha Anda dalam memperkenalkan merek dagang Anda dan juga menjadi tempat untuk berinteraksi dengan para konsumen Anda. Dengan menggunakan media sosial, Anda bisa langsung berkomunikasi dengan para konsumen Anda saat itu juga.

Baca juga Tips Menggunakan Media Sosial Sebagai Sarana Promosi bagi Bisnis Anda

5. Berkecimpung Dalam Komunitas Anda

Tidak ada yang lebih baik untuk mendapatkan eksposur merek Anda selain terjun langsung kedalam sebuah komunitas. Menjadi sponsor dalam perlombaan lari atau berpartisipasi dalam acara bazaar dan acara lainnya dapat membuat merek Anda semakin dikenal oleh khalayak banyak dan juga meningkatkan kepercayaan konsumen terhadap merek Anda.

6. Memberi Masukan Kepada Konsumen

Menjadi salah satu pemberi nasehat bagi para konsumen juga bisa menjadi salah satu cara untuk membedakan dan membangun merek usaha Anda. Pikirkan apa yang usaha Anda telah lakukan dan tantangan yang dimiliki oleh para konsumen Anda. Mengadakan seminar mengenai masalah-masalah yang sedang berlangsung yang ada sangkut pautnya dengan usaha Anda ataupun menulis sebuah blog yang menawarkan nasehat dan juga tips untuk mengatasi masalah yang sedang dialami oleh para konsumen Anda tanpa memaksa mereka untuk menggunakan produk Anda. Menjalankan usaha akan menjadi lebih mudah apabila konsumen sudah percaya dan mengetahui bahwa Anda ahli dibidangnya.

Dibalik semua yang sudah dijelaskan diatas, tetap tingkatkan terus kualitas dari produk yang Anda jual. Terus pantau dan awasi para karyawan Anda untuk selalu menjaga kualitas dan menjunjung tinggi merek yang sudah Anda bangun. Dan yang terpenting adalah untuk selalu memberikan yang terbaik untuk para konsumen Anda.

“Your brand is what other people think about you when you’re not in the room” – Jeff Bezos (Founder of Amazon.com)

Facebooktwittergoogle_plusredditpinterestlinkedinmail

2 comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *