Bisnis Customers Management Marketing

Pentingnya Desain Dalam Usaha

design-image

Source : www.ip-watch.org

Salah satu tantangan utama di dalam setiap bidang usaha yaitu dalam menentukan desain yang pas untuk di implementasikan kedalam usaha tersebut. Tidak dapat dipungkiri kalau desain mempunyai andil yang sangat besar dalam kebutuhan marketing dari setiap usaha. Sebagai marketer, Anda tentunya mengerti bahwa desain yang cocok untuk usaha Anda sangatlah penting dalam semua kampanye marketing yang akan Anda lakukan. Berikut adalah beberapa poin mengapa desain adalah hal yang penting dalam menjalankan usaha Anda :

Desain Mengkomunikasikan Merek
Kampanye marketing yang Anda lakukan pastinya memiliki tujuan untuk meningkatkan profil dari merek Anda dan menuntun para pelanggan ke arah tertentu untuk membeli produk atau jasa dari perusahaan Anda. Salah satu elemen penting untuk menggaet pelanggan yaitu melalui kepercayaan. Merek pada dasarnya sudah tertanam dalam benak para pelanggan Anda. Contohnya merek A menawarkan kenyamanan dan kemewahan, atau merek B mewakili kualitas dan nilai yang tinggi. Terlepas dari apa yang target pelanggan Anda cari, merek adalah suatu yang dijual. Setiap bagian kreatif yang Anda lakukan – posting blog, brosur, kampanye digital di Google atau membuka stand dalam bazaar memberi gambaran tentang merek yang Anda jual. Jika desain yang Anda tampilkan dalam merek Anda tidak mencerminkan desain yang professional dan terkesan murahan, hal ini dapat merusak brand image Anda dan perlu waktu yang lama untuk memperbaiki brand image dalam benak para pelanggan. Sebaliknya, desain yang baik akan mencerminkan banyak untuk sebuat perusahaan seperti kualitas, profesionalisme dan posisi usaha Anda di pasar.

Desain Untuk Meningkatkan Visibilitas Merek
Bahkan kampanye yang paling baik sekalipun akan mendapatkan perhatian apabila sangat menonjol. Untuk menjadi yang terbaik para pelaku usaha harus melakukan kampanye marketing yang selalu lebih baik diatas para pesaingnya yang juga melakukan hal yang sama. Semua kampanye marketing harus menangkap perhatian para calon pelanggan. Tergantung dari tujuan akhir dalam melakukan kampanye dan target pasar Anda, desain yang dibutuhkan untuk melakukan hal ini juga bervariasi. Apakah desain yang terkesan dingin, tajam dan serius yang sesuai dengan pelanggan Anda ataukah desain yang mencolok, terlihat sedikit norak yang justru menjadi desain terbaik? Apapun itu, desain yang cocok akan membantu Anda dalam mengkomunikasikan merek Anda agar lebih diingat oleh banyak orang.

Desain Untuk Meningkatkan Penjualan
Jika Anda hanya memikirkan tentang penjualan, kemungkinan Anda akan melewatkan pemikiran kalau desain yang baik juga akan meningkatkan penjualan. Banyak orang gagal untuk menyadari bahwa sifat psikologis juga mengambil bagian dalam pengambilan keputusan bagi kebanyakan konsumer. Apa yang menarik bagi mata para pembaca dalam sebuah majalah? Pesan apa yang akan disampaikan pada sebuah foto, warna yang ditonjolkan, atau tampilan yang Anda inginkan? Desain yang baik dapat menarik target pasar yang baru dan mengubahnya menjadi peningkatan penjualan.

Desain Memperkuat Pesan
Dengan desain yang baik, Anda dapat menggarisbawahi pesan yang akan Anda tampilkan untuk menyampaikan tentang produk atau jasa yang Anda sediakan. Ini berkaitan dengan argumen tentang pentingnya desain dalam branding, tetapi juga tentang kekuatan sebuah desain untuk menampilkan pesan dan menimbulkan respons dari kebanyakan orang. Seperti contohnya apabila Anda sebuah organisasi non-profit yang ingin meningkatkan kepedulian masyarakat terhadap sebuah kasus. Beberapa gambar yang dipilih dengan cermat dapat menyampaikan pesan yang jauh lebih banyak dibandingkan dengan ribuan kata-kata pada masalah yang sama.

Sebagai pelaku usaha, penting bagi Anda dalam menentukan desain yang cocok untuk usaha yang Anda jalankan. Dengan memiliki desain yang baik, Anda akan lebih mudah untuk membangun kredibilitas dan mendukung pekerjaan lain seperti kampanye marketing, kesempatan lebih besar dalam mendapatkan klien dan mengubahnya menjadi penjualan. Ada pendapat lain tentang desain? Silahkan tinggalkan komentar Anda dibawah ini.  :-)

“Design is not just what it looks like and feels like. Design is how it works.” – Steve Jobs

facebooktwittergoogle_plusredditpinterestlinkedinmail

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *