Berita UKM Bisnis Data Insights Edukasi Produk Finansial Management Marketing Uncategorized

Fitur Akuntansi yang Dibutuhkan untuk Usaha Kecil Menengah

Accounting (1)

Source : mitcheltonshs.eq.edu.au

Sebagai pemilik bisnis, mengapa Anda harus puas dengan software akuntansi yang tidak bekerja sesuai dengan apa yang Anda butuhkan? Kemampuan untuk memperluas dan meningkatkan keuntungan yang dapat Anda raih bergantung pada kemampuan Anda untuk mengatur dan melacak keuntungan Anda. Jika tidak, segala usaha yang Anda lakukan hanyalah sia-sia.

Banyak sistem akuntansi yang beredar di pasaran, sehingga Anda harus cukup pintar dalam memilih sistem mana yang cocok untuk Anda dan yang Anda butuhkan untuk mengembangkan usaha Anda. Kemajuan teknologi saat ini telah memungkinkan Anda yang memiliki Usaha Kecil Menengah untuk memiliki akses dalam menggunakan sistem akuntansi yang tidak kalah bagusnya dengan apa yang digunakan oleh para pemilik usaha besar. Cara terbaik dalam menentukan sistem apa yang terbaik untuk usaha Anda adalah dengan mengevaluasi seluruh fitur yang diberikan oleh sistem tersebut.

 

  1. Tidak Perlu Hitung Manual

Anda tidak perlu susah-susah menghitung keuangan Anda setiap malam ataupun setiap bulan yang hanya akan menambah beban Anda dalam berusaha. Dengan menggunakan sistem akuntansi, semua laporan keuangan Anda dapat Anda lihat dimana saja dan kapan saja. Waktu yang biasa Anda habiskan untuk menghitung biaya operasional, Anda dapat luangkan waktu lebih untuk mengatur strategi dalam mengembangkan usaha Anda.

 

  1. Kemudahan Penggunaan

Memiliki sistem akuntansi yang hanya dapat dimengerti oleh segelintir orang dalam bisnis Anda hanya akan merepotkan diri Anda sendiri. Anda harus dapat memastikan bahwa sistem yang Anda pilih adalah User Friendly dan dapat dipakai bahkan oleh orang yang awam akan akuntansi. Sistem ini juga harus memungkinkan beberapa pengguna dapat mengatur sendiri apa yang mereka butuhkan dalam operasional harian agar masing-masing pegawai dapat menjalankan tugasnya dengan maksimal.

 

  1. Sistem yang selalu dikembangkan

Meskipun Anda memiliki Usaha Kecil Menengah, tujuannya adalah untuk memperluas pandangan Anda dalam mengembangkan usaha Anda. Jangan membeli sistem yang tidak dapat mengikuti perkembangan bisnis Anda hanya karena Anda tergiur dengan harga yang ditawarkan. Berinvestasi untuk sistem akuntansi yang terus dikembangkan akan menghemat uang dan waktu dalam jangka panjang.

 

  1. Dukungan Teknis dan Backup

Semua barang maupun jasa, pasti ada masa dimana barang tersebut akan rusak ataupun tidak berfungsi dengan baik. Disinilah para pengusaha bisnis membutuhkan bantuan dari penyedia jasa tersebut. Dengan dukungan teknis 24 jam, Anda dapat mendapatkan bisnis Anda kembali dan berjalan dengan lancar.

Sama seperti dukungan teknis, sangat penting bagi sistem akuntansi yang Anda pilih yang menyediakan Backup semua data transaksi Anda. Informasi ekslusif tentang pelanggan Anda, rahasia strategi bisnis, atau informasi penting lainnya dapat hilang hanya dengan 1 kali klik jika Anda tidak mem-backup seluruh sistem Anda secara teratur. Dengan backup otomatis, hal-hal yang tidak terduga seperti putusnya jaringan listrik tidak akan membahayakan bisnis Anda.

 

  1. Penyimpanan Data di Cloud

Sebagai pemilik bisnis dijaman modern seperti sekarang, Anda tidak perlu berada di bisnis Anda setiap jam dan setiap harinya. Dengan sistem akuntansi yang dapat beroperasi berbasis Cloud, Anda dapat memantau bisnis yang sedang berjalan terlepas dari mana Anda berada asalkan adanya koneksi internet. Seperti yang ditawarkan oleh Jurnal sebagai sistem akuntansi yang memudahkan Anda dalam mengatur laporan keuangan Anda serta menyimpan semua data Anda di Cloud sehingga meminimalisir kehilangan dan kecurangan data perusahaan Anda.

 

  1. Point of Sale

Memilih Sistem kasir yang sudah built-in dengan sistem akuntansi akan mempermudah dan meringankan beban kerja Anda. Carilah sebuah sistem Point of Sale yang menangani transaksi pelanggan, sekaligus mengerjakan masalah laporan keuangan Anda. MOKA bisa menjadi solusi yang mudah dalam menjalankan usaha Anda.Sistem POS yang berbasis di iPad akan memudahkan Anda dengan data penyimpanan di Cloud yang otomatis menyimpan semua data Anda sehingga jauh lebih aman dibandingkan dengan cara tradisional.  

Kesimpulannya, Sistem akuntansi yang Anda pilih untuk bisnis Anda sangatlah penting dalam menentukan kesuksesan usaha yang Anda jalani. Sistem akuntansi yang tepat dapat membantu Anda mendapatkan keuntungan dari para kompetitor Anda lainnya. Ada fitur lain yang ingin Anda tambahkan dalam memilih sistem akuntansi yang berguna untuk bisnis UKM? Silahkan tinggalkan komentar Anda dibawah ini  :-)

 

facebooktwittergoogle_plusredditpinterestlinkedinmail

1 comment

  1. Pingback: 5 Kesalahan Penyebab Usaha Kecil Menengah Mengalami Pailit | A Cup of MokaA Cup of Moka

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *