Bisnis Management Marketing

Tips Menggunakan Media Sosial Sebagai Sarana Promosi bagi Bisnis Anda (Bagian 1)

Social media doodles elements

Source: www.profitablesites.co.uk

Tidak dapat dipungkiri, masyarakat Indonesia gemar berbagi dan mendapatkan info melalui Media Sosial. Selain sebagai portal untuk berbagi informasi ,media sosial juga dapat digunakan bagi para usahawan sebagai salah satu cara untuk mempromosikan produk dan jasa yang ditawarkan.

Penggunaan media sosial dalam promosi bisa dikatakan jauh lebih menghemat biaya dibandingkan dengan cara promosi lainnya yang lebih konvensional. Berikut adalah cara yang dapat Anda terapkan di media sosial yang terkenal di Indonesia:

 

Facebook

mokafb

Source: www.facebook.com/mokapos

 

Indonesia merupakan urutan ke 6 dalam pengguna facebook di seluruh Dunia. Tidak heran banyak pengusaha yang berjualan hanya melalui Facebook dan dapat meraup keuntungan yang cukup banyak.

Berikut adalah tips untuk mempromosikan barang atau jasa Anda via Facebook:

 

Buat sebuah page/halaman yang dapat memudahkan Anda untuk berinteraksi dengan para pelanggan

pruden
Source: www.facebook.com/PrudentialIndonesia

Tujuan dari pembuatan halaman ini adalah untuk memberikan update terbaru tentang produk ataupun promo yang sedang berlangsung. Pelanggan Anda juga bisa dengan mudah berinteraksi melalui fitur pesan ataupun menuliskan ulasan tentang produk Anda di dinding page Anda. Games atau gambar menarik bisa juga Anda unggah agar page Anda terlihat tidak hanya informatif, tetapi juga menarik bagi para calon pelanggan Anda lainnya.

 

 

Pasang Cover Photo dan Profile Photo semenarik mungkin

adidas

Source: www.adespresso.com

Memiliki website profesional untuk bisnis adalah hal yang penting dalam mengembangkan usaha Anda, tetapi memiliki halaman Facebook yang fantastis akan menambah ketertarikan bagi pelanggan baru. Banyak orang yang melihat halaman Facebook Anda terlebih dahulu sebelum akhirnya melihat ke situs web Anda dan yang pertama kali orang lihat pada saat membuka halaman Facebook Anda adalah Cover Photo.

Cover Photo adalah gambar di paling atas dari halaman Facebook Anda. Karena ukuran yang besar, Cover Photo merupakan cara yang tepat untuk pengumuman, promosi dan tempat untuk menggambarkan image usaha Anda.

 

Buat promo sederhana agar halaman Anda semakin hidup dan menarik bagi followers baru

photo

Source: www.postplanner.com

Tidak hanya pelanggan lama yang Anda utamakan, Anda juga harus memikirkan bagaimana untuk menarik calon pelanggan Anda untuk menghampiri dan like page Anda. Dengan permainan sederhana bagi pelanggan baru juga bisa menarik minat mereka untuk berbelanja dengan Anda.

Contoh promo sederhana yang bisa Anda lakukan yaitu dengan mengadakan kontes foto produk Anda di halaman Facebook Anda dan foto yang mendapatkan likes terbanyak berhak mendapatkan hadiah yang sudah Anda siapkan sebelumnya seperti “beli satu gratis satu” atau potongan harga untuk pembelian selanjutnya. Jangan lupa minta data diri pelanggan baru agar bisa Anda gunakan sebagai database di masa depan.

 

Memasang Iklan di Facebook

ad

 

Dengan fitur yang diciptakan oleh iklan Facebook , Anda dapat dengan mudah menargetkan konten Anda untuk pengguna Facebook yang profilnya cocok dengan usaha yang Anda jalankan. Anda juga bisa menggunakan alat Custom Audiences untuk menargetkan orang-orang yang sudah menjadi followers Anda. Biarpun terlihat mudah dan murah, tentukanlah modal Anda terlebih dahulu agar iklan yang Anda pasang lebih terstruktur tanpa membuang-buang uang dan waktu.

Apabila Anda mencari cara untuk mendapatkan lebih banyak visibilitas untuk calon pelanggan Anda ataupun cara yang lebih mudah untuk menjangkau potensial pelanggan baru, Iklan di Facebook bisa membantu Anda.

 

Bisa dilihat, banyak cara untuk mempromosikan usaha Anda melalui Facebook. Setelah Anda mulai menggunakan halaman Facebook Anda secara menyeluruh, Anda akan akan melihat perkembangan dari halaman Anda dengan mengikuti beberapa tips yang sudah diberikan. Share tentang pengalamanmu menggunakan Facebook sebagai media promosi dengan meninggalkan komentar dibawah ini :)

facebooktwittergoogle_plusredditpinterestlinkedinmail

2 comments

  1. Pingback: 5 Kesalahan Penyebab Usaha Kecil Menengah Mengalami Pailit | A Cup of MokaA Cup of Moka

  2. Pingback: 6 Tips Mudah Dalam Membangun Identitas Usaha Anda | A Cup of MokaA Cup of Moka

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *